UAS semester ganjil

LANGKAH-LANGKAH  MEMBUAT LAPORAN TAHUNAN

  1. Buka menu start ambil microsoft dan microsoft excel
  2. Buat sheet sebanyak 20 sheet

Pada bagian sheet yang terletak pada bagian bawah klik kanan

Insert, work sheet, ok.

  1. Beri nama sheet

Klik kanan pada sheet klik rename

inilah urutan nama sheet yang saya buat :

  1. sheet pertama :data
  2. sheet dua : januari
  3. sheet tiga : februari
  4. sheet empat : maret
  5. sheet lima : triwulan I
  6. sheet enam : april
  7. sheet tujuh : mei
  8. sheet delapan : juni
  9. sheet sembilan : triwulan II
  10. sheet sepuluh : semester I
  11. sheet sebelas : juli
  12. sheet dua belas : agustus
  13. sheet tiga belas: september
  14. sheet empat belas :  triwulan III
  15. sheet lima belas : oktober
  16. sheet enam belas :november
  17. sheet tujuh belas : desember
  18. sheet delapan belas : triwulan IV
  19. sheet  sembilan belas : semester
  20. sheet dua puluh : tahunan
  1. Beri warna sheet

Klik kanan, tab color.. pilih deh warna sesuai keinginan

  1. Memanggil nama sel

Sebelum nya sudah disiapkan name box terlebih dahulu pada sheet 1 (data) berupa nama instansi, kab/kota, tahun. data ini berupa tabel dengan format tabel, target, pelopor dan pimpinan.

–       format bulan ubah name box menjadi nama bulan seperti januari (jan) dan seterusnya.

–       format pelopor buat name box menjadi natgpjan pada bulan januari dan seterusnya

–        format pimpinan buat name box menjadi napimjan pada bulan januari dan seterusnya

pada sheet 2  (januari), buat tabel sesuai dengan jenis data yg dibutuhkan buat judul laporan dengan formula

:=JUDUL&”PUSKESMAS”&PKM&” “&KAB”BULAN”&JAN&”TAHUN”&TAHUN

  1. Menggabungkan beberapa sel

–       Blok sel A2,A3..dst seperti di gambar

A B C D
1
2

–       klik kanan, klik merge cell

A B C D
1
2
  1. hapus dan edit data sel

Blok sel yang ingin dihapus klik kanan delete atau klik menu edit, format, or clear

  1. Beri comment / keterangan sel

–       letakkan kursor pada bagian tabel yang akan dicomment

–       klik kanan

–       insert comment

–       ketik comment yang akan anda buat

–       tulisan pada comment juga bisa diatur sesuai yang kita inginkan

  1. Mengatur format angka

Blok satu atau lebih sel yang akan di format. Klik  kanan, format sel ( ctrl 1)  Pada kotak format sel klik tab number. Pilih kategori format yang diinginkan

o   Decimal place: menentukan berapa jumlah anggka decimal

o   Use 1000 separator: menentuka pemakaian pemisahan ribuan atau tidak

o   Negative number menentukan format angka negative yang diinginkan mis  -1234

o   Currency:  membantu member lambang mata uang jg anda ingin memasukan keterangan uang

o   Dan seetrusnya pasti mengerti

Klik ok jika format selesai di tentukan

10. Bingkai tabel

–       Blok sel yang ingin di beri bingkai

–       Klik icon bolder pada menu format or format sel

–       Pilih bolder yang diinginkan.

  1. Penggunaan rumus atau fungsi data tabel

Jumlah data di tabel dengan formula  =SUM

untuk merata-ratakan data ditabel dengan formula =AVERAGE

untuk menghitung data yang dibutuhkan dengan formula =COUNTIF

Tempatkan petunjuk pada posisi yang diinginkan,

Masukan formula : sum (jumlah), average (rata2) dll sesuai keinginan

Buka kurung klik sel pertama,(sel kedua) yang ingin di jumlahkan tutup kurung

Ex : =sum(A5,(B3))

ATAU MENJUMLAH SEL YANG MEMILIKI RENTANG OR BERDEKATAN

MIS B1,B2,B3,B4

KETIK = blok sel

Cari menu sum pada formula, automatis sum hasil akan tertulis

bisa juga =sum(B1:B4) bgitu juga untuk average

logika if

dingunakan untuk memberi syarat pada perintah dengan menggunakan pembanding:

= sama dengan

< kecil dari

>  besar dari

<= kecil atau sama dari

>= besar atau sam dari

contoh =IF(I7<I$18,”BINA”,”-“)

bila data pada I7 kecil dri I18 maka bina,bla tidak –

ket:

$ digunakan bila pada saat menggunakan auto fill I18 tetap dipakai tidak berubah menjadi I19

Atau bisa juga diganti dengan memanggil nama sel conth tdsjan

  1. Buat catatan data pada formula dan ketik sbb

=”catatan: pada bulan “&JAN&” ini, jumlah posyandu yang perlu dibina D/S nya adalah “&countif (K7:K17,”BINA” posyandu dan N/D nya sebanyak “&countif(L7:L17,”BINA”)&”posyandu”

  1. buat tanggal pembuatan dengan formula

:=TEMPAT”,5 “&FEB&” “&TAHUN

  1. buat pimpinan puskesmas dengan formula

:=”pimpinan puskesmas”&” “&PKM

  1. membuat grafik

blok sel yang dinginkan, insert chart atau klik icon wizart chart

pilih grafik yang diinginkan pada chart type

merubah type grafif

klik kanan change chart type, pilih chart yang diinginkan klikok

memberi judul dan merubah warna area

klik kanan area kosong grafik

pilih format chart area klik font, n patern u memilih warna latar judul atau grafik. ok

   memindahkan grafik

klik tahan area geser mouse hingga grafik ikut berpindah,

lepas mouse pada area yang diinginkan

menghapus grafik

klik grafik, delete

  1. Copy kan data pada sheet kedua untuk bulan berikutnya, dan ubah judul dengan formula yang ada pada sheet 1 dengan mengunah “JAN” menjadi “FEB”
  2. Edit semua formula yang terdapat pada sheet data bulan januari dengan mengubah “JAN” menjadi bulan berikutnya.
  3. Grafik pada sheet berikutnya sesuai dengan data pada bulan itu, pembuatan grafik sama seperti pada sheet satu
  1. Untuk menjamin keamanan mic. excel yang telah anda buat, anda bisa protect sheet anda  dengan cara

–       Format,protect sel

–       Contreng sesuai bagian yang ingin d protect

–       Masukan password

–       Klik ok

Menghilangkan protect klik unprotect dan masukan password

  1. LOCK SEL

Biar formula pada table tidak bisa di ubah sembarangan

Format sel, contreng lock

Klik Ok

SELESAI

Jika ingin melihat seperti apa yang saya buat, yuk silahkan DONWLOAD DISINI

Leave a comment